PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO ALFAMART BEKASI

research
  • 28 Feb
  • 2019

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO ALFAMART BEKASI

Kualitas Pelayana yang baik dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam pendekatan dengan konsumen. Jika konsumen merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan maka secara tidak langsung konsumen sudah merasa puas. Tujuan penelitian mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Alfamart Villa Indah Permai Bekasi. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan perhitungan data menggunakan SPSS versi 23.0. Populasi yang diambil adalah rata-rata penjualan perhari adalah 300. Sampel dalam penelitian ini adalah tujuh puluh lima (75) pelanggan yang datang ke toko. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah dua puluh

 

(20)  butir pernyataan dan analisis menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji persamaan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan 70,9%. sisanya sebesar 29,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari tingkat hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan menunjukan hasil yang sangat kuat, dilihat dari perhitungan koefisien korelasi sebesar 0.842, serta hasil persamaan regresi Y= 10,728 + 0,690X menunjukan baik dengan konstanta a sebesar 10,728 dan konstanta b sebesar 0,690 adalah positif artinya searah dan dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan yang signifikan.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustina, N. (2017). MENGUKUR KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMP USWATUN HASANAH

 

JAKARTA. Paradigma, 19(1), 61–68. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/1540/1310

 

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas

 

Pada Bank BJB. Ecodemica, 2(1). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713

 

Kuspriyono, T. (2016). PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (STUDI KASUS MAHASISWA/I UNIVERSITAS GUNADARMA). Jurnal Komunikasi, VII, 26–32. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2171/1533

 

Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya CiptaII(1), 69–75. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2918

 

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Ecodemica, 2(1). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911

 

Sediawan, R. (2015). ANALISIS DALAM MENCIPTAKAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGARAH PADA KEPUASAN KONSUMEN. Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/197

 

Setyabudi, D. dan I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. (G. Media, Ed.).Yogyakarta.

 

Windasuri, H. (2017). Excellent Service. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

Yuliansyah,  H.  (2014).  PENGEMBANGAN  PEMASARAN  REZA  BAKERY DAN KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Ecodemica, II(2), 211–221. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/96