Kualitas Pelayana yang baik dapat dijadikan sebagai
salah satu strategi dalam pendekatan dengan konsumen. Jika konsumen merasa
nyaman dengan pelayanan yang diberikan maka secara tidak langsung konsumen
sudah merasa puas. Tujuan penelitian mengetahui seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Alfamart Villa Indah
Permai Bekasi. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan
perhitungan data menggunakan SPSS versi 23.0.
Populasi yang diambil adalah rata-rata penjualan perhari adalah 300. Sampel
dalam penelitian ini adalah tujuh puluh lima (75) pelanggan yang datang ke
toko. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah dua puluh
(20) butir pernyataan dan analisis menggunakan uji koefisien korelasi, uji
koefisien determinasi dan uji persamaan regresi. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan
pelanggan 70,9%. sisanya sebesar 29,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Dari tingkat hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan menunjukan
hasil yang sangat kuat, dilihat dari perhitungan koefisien korelasi sebesar
0.842, serta hasil persamaan regresi Y= 10,728 + 0,690X menunjukan baik dengan
konstanta a sebesar 10,728 dan konstanta b sebesar 0,690 adalah positif artinya
searah dan dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan yang signifikan.
BAB II
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
SURAT KETERANGAN RISET
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
BAB III
BAB I
LEMBAR KONSULTASI
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, N. (2017). MENGUKUR KUALITAS
LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMP USWATUN HASANAH
JAKARTA. Paradigma, 19(1), 61–68. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/1540/1310
Atmaja,
J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas
Pada Bank BJB. Ecodemica, 2(1). Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Kuspriyono, T. (2016). PENGARUH
EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (STUDI KASUS MAHASISWA/I UNIVERSITAS GUNADARMA). Jurnal Komunikasi, VII, 26–32. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2171/1533
Nurhidayati, & Yuliantari, K. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. Widya Cipta, II(1), 69–75. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2918
Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas
Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Ecodemica, 2(1). Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911
Sediawan, R. (2015). ANALISIS DALAM MENCIPTAKAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGARAH PADA KEPUASAN KONSUMEN. Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/197
Setyabudi, D. dan I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. (G. Media, Ed.).Yogyakarta.
Windasuri,
H. (2017). Excellent Service.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yuliansyah, H. (2014). PENGEMBANGAN PEMASARAN REZA BAKERY DAN KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Ecodemica, II(2), 211–221. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/96