Setiap
perusahaan dituntut untuk membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan
penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu untuk
mempertahankan posisi pasarnya ditengah persaingan yang semakin ketat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan
pengunjung pada Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah (DAT TMII). Data
yang diperoleh melalui kuesioner dengan pengukuran skala likert kepada sampel
sebanyak 90 responden dari populasi 115 pengunjung dari 2 hari kegiatan riset.
Teknik analis data yang digunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien
determinasi, dan uji persamaan regresi. Berdasarkan perhitungan koefisien
didapat sebesar 0,198 menunjukan bahwa tingkat hubungan yang sangat lemah
antara pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, hasil koefisien determinasi
menunjukan nilai sebesar 3,9% menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan terhadap
pengunjung tidak berpengaruh dan sisanya sebesar 96.1% responden menyatakan
bahwa pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Dari persamaan
regresi diperoleh nilai Y = 38,300 + 0,192 (X), yang dapat diartikan bahwa
setiap penambahan nilai pelayanan akan mempengaruhi nilai kepuasan pengunjung.
Dari hasil tersebut hendaknya perusahaan berusaha untuk lebih meningkatkan
serta mengevakuasi pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan pengunjung.
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
LEMBAR KONSULTASI
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
KATA PENGANTAR
Dayanto,
dan Setyabudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta:
Penerbit Gava Media.
Dewa, C. B. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Pada
Wisatawan di Yogyakarta , XVI(1), pp. 1–6.
Kamsir. 2017. Customer Service Excellent Teori
dan Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kesumawati, N., Retta, A. M. dan Sari, N. 2017. Pengantar
Statistika Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Mukarom, Z. dan Laksana, M. W. 2014. Manajeman
Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Noor, J. 2013. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pransiska, F. A. 2014. Pengaruh Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Poli Umum Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa
Bogor.
Rahman, A. 2017. Pengaruh Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Rumah Makan Ayam Bakar Penyet KQ5 Mayestik
Jakarta Selatan, XVII(2), pp. 237–242.
Rohendi, A. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank
Syariah Terhadap Nilai, Kepuasan Serta Loyalitas Nasabah Di Kota Bandung, Ecodemica,
II(2), pp. 272–285.
Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik untuk
Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supeno, W. 2018. Analisis Penilaian Kepuasan
Pelayanan Hotel Pelanggan Traveloka: Studi Kasus Hotel di Area Malioboro
Yogyakarta, XVI(1).
Utomo, K. P. 2018. Mengharmoniskan Hubungan
Pelanggan Dengan Karyawan Melalui Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Kinerja PDAM
Wilayah Kota Bekasi, XVI(1).