PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA DUNIA AIR TAWAR TAMAN MINI INDONESIA INDAH JAKARTA

research
  • 28 Feb
  • 2019

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA DUNIA AIR TAWAR TAMAN MINI INDONESIA INDAH JAKARTA

Setiap perusahaan dituntut untuk membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu untuk mempertahankan posisi pasarnya ditengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah (DAT TMII). Data yang diperoleh melalui kuesioner dengan pengukuran skala likert kepada sampel sebanyak 90 responden dari populasi 115 pengunjung dari 2 hari kegiatan riset. Teknik analis data yang digunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji persamaan regresi. Berdasarkan perhitungan koefisien didapat sebesar 0,198 menunjukan bahwa tingkat hubungan yang sangat lemah antara pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, hasil koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 3,9% menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan terhadap pengunjung tidak berpengaruh dan sisanya sebesar 96.1% responden menyatakan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Dari persamaan regresi diperoleh nilai Y = 38,300 + 0,192 (X), yang dapat diartikan bahwa setiap penambahan nilai pelayanan akan mempengaruhi nilai kepuasan pengunjung. Dari hasil tersebut hendaknya perusahaan berusaha untuk lebih meningkatkan serta mengevakuasi pelayanan agar dapat meningkatkan kepuasan pengunjung.

Unduhan

 

REFERENSI

Dayanto, dan Setyabudi, I. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dewa, C. B. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta , XVI(1), pp. 1–6.

Kamsir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kesumawati, N., Retta, A. M. dan Sari, N. 2017. Pengantar Statistika Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mukarom, Z. dan Laksana, M. W. 2014. Manajeman Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Noor, J. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pransiska, F. A. 2014. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Poli Umum Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Bogor.

Rahman, A. 2017. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Rumah Makan Ayam Bakar Penyet KQ5 Mayestik Jakarta Selatan, XVII(2), pp. 237–242.

Rohendi, A. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank Syariah Terhadap Nilai, Kepuasan Serta Loyalitas Nasabah Di Kota Bandung, Ecodemica, II(2), pp. 272–285.

Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supeno, W. 2018. Analisis Penilaian Kepuasan Pelayanan Hotel Pelanggan Traveloka: Studi Kasus Hotel di Area Malioboro Yogyakarta, XVI(1).

Utomo, K. P. 2018. Mengharmoniskan Hubungan Pelanggan Dengan Karyawan Melalui Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Kinerja PDAM Wilayah Kota Bekasi, XVI(1).