PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS

research
  • 19 Feb
  • 2019

PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS

ABSTRAK

 

 

Anju Roida Maulita (43150127), Beatrix Deviana Mukin (43150103), Moezes Kevin Cherno Ivanisavic Myrdin (43150133), Sarah Ayu Anjiani (43150014), Perancangan Kreatif Komunikasi Pemasaran Terpadu Guna Meningkatkan Brand Awareness Dari MTZ Cheesecake Sebagai Cheesecake In A Jar Dengan Kualitas Premium, Harga Terjangkau, Serta Kemasan Higenis Dan Praktis

 

Perkembangan bisnis kuliner saat ini semakin berkembang, sehingga persaingan antar pelaku usaha semakin sulit juga. Untuk tetap mempertahankan bisnisnya, pelaku usaha memerlukan sebuah inovasi terhadap produknya. Salah satu bisnis kuliner yang telah melakukan inovasi ialah cheesecake. MTZ Cheesecake menjadi salah satu pelaku usaha yang telah melakukan inovasi dengan menjual cheesecake in a jar. Namun sayangnya, masyarakat kurang mengetahui mengenai produk yang dijual oleh MTZ Cheesecake. Oleh karena itu, penulis membuat Perancangan Kreatif Komunikasi Pemasaran Terpadu Guna Meningkatkan Brand Awareness dari MTZ Cheesecake Sebagai Cheesecake In Jar dengan Kualitas Premium, Harga Terjangkau, serta Kemasan Yang Higienis dan Praktis. Perancangan kreatif komunikasi pemasaran terpadu ini merupakan solusi bagi MTZ Cheesecake untuk memecahkan permasalahan yang ada yaitu untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk MTZ Cheesecake, khususnya cheesecake in a jar.

 

Kata kunci :    Komunikasi Pemasaran Terpadu, Brand Awareness, cheesecake, MTZ Cheesecake

 

Unduhan

  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.p

    •   diunduh 94x | Ukuran 1,721 KB
  • File_12-Bab-IV-Penutup.pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 167x | Ukuran 1,579 KB
  • File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 546x | Ukuran 4,897 KB
  • File_8-Daftar-Isi.pdf

    Daftar-Isi

    •   diunduh 151x | Ukuran 1,717 KB
  • File_13-Daftar-Pustaka.pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 565x | Ukuran 1,809 KB
  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 131x | Ukuran 1,744 KB
  • File_9-Bab-I-Pendahuluan.pdf

    Bab-I-Pendahuluan

    •   diunduh 1686x | Ukuran 1,816 KB
  • File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    •   diunduh 560x | Ukuran 20,922 KB

 

  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_6 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 114x | Ukuran 86,600
  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmia

    •   diunduh 92x | Ukuran 2,044,341
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 141x | Ukuran 75,840
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup+FOTO.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_14 Daftar Riwayat Hidup+FOTO.pdf

    •   diunduh 223x | Ukuran 5,933,685
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 117x | Ukuran 25,781
  • File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf

    Bab-II-Landasan-Teori

    •   diunduh 2720x | Ukuran 2,313,767
  • File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas

    •   diunduh 165x | Ukuran 1,719,596
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN KREATIF KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GUNA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI MTZ CHEESECAKE SEBAGAI CHEESECAKE IN A JAR DENGAN KUALITAS PREMIUM, HARGA TERJANGKAU, SERTA KEMASAN HIGENIS DAN PRAKTIS_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 624x | Ukuran 23,938,995

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

A.  Buku

 

Abdullah, M. (2017). Manajemen Komunikasi Periklanan. (S. Anafarhanah, Ed.) (Cetakan ke). Sleman, Yogyakarta: Aswaja Presindo.

 

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi (Cetakan

ke). Jakarta: Rajawali Pers.

 

Davis, J. J. (2013). Penelitian Periklanan: Teori & Praktek (Cetakan ke), Jakarta:

Rajawali Pers.

 

Morissan, M. A. (2014). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (Cetakan

ke). Jakarta: Prenada Media Group.

 

Mulyana,  D.  (2017).  Ilmu  Komunikasi  Suatu  Pengatar  (Revisi)  (Cetakan  Ke).

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Sosial Media

(Cetakan pe). Bandung: Pustaka Setia.

 

Suhandang, K. (2016). Manajemen Periklanan (Cetakan ke). Bandung: Penerbit Nuansa.

 

 

 

B.  Skripsi

 

Arum, H. D. (2015). Analisis Peran Brand Ambassador Kosmetik Wardah dalam Membangun Brand Image dan Brand Awareness. Universitas Negeri

 

Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/38859/1/BrianGumelar_12808144038.pdf

 

Astuti, M. (2015). Peranan Media Periklanan Dalam Pembelian Mobil Truk Pada PT. ASTRA International Tbk. Auto 2000 Cabang Plaju Palembang. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Palembang. Retrieved from http://eprints.polsri.ac.id/726/

 

Gultom, A. (2017). Fenomena New Media Video Blog Youtube (Studi Observasi Pada Motif Penggunaan Vide Blog di Situs Youtube). Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/detail?id=20460210&lokasi=lokal

 

Mandagie, N. (2015). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality dan Brand Association terhadap Brand Loyalty Surya Promild. Universitas

 

Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/detail?id=20433956&lokasi=lokal

 

 

 

145


 

Swara, E. B. (2014). Youtube Sebagai New Media: Pengaruhnya terhadap Masyarakat Indonesia menurut Pemikiran Jean Baudrillard. Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-05/S57164-Enobening Swara

 

Thiananda,  M.  A.  (2015).  Pemanfaatan  Media  Sosial  terhadap  Trend  Fashion

 

Remaja. Depok. Retrieved from http://www.lontar.ui.ac.id/detail?id=20423953&lokasi=lokal

 

Utami, A. R. (2015). Pengaruh Electronic  Word-of-Mouth dalam  Media  Spsial Path   terhadap   Intensi  Membeli  pada  Konsumen  Restoran  “Baru.”

 

Universitas Indonesia. Retrieved from http://www.lib.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak/id_abstrak-20411986.pdf

 

 

 

C.  Jurnal Internet

 

Arindita, V. (2013). Tingkat Pengetahuan Perempuan Surabaya Mengenai Iklan Corporate Social Responsibility Revlon Kiss For Life melalui Media Above dan Below the Line. Jurnal E-Komunikasi, 1(1), 112. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/82959/tingkat-pengetahuan-perempuan-surabaya-mengenai-iklan-corporate-social-responsib

 

Budiarto, S. (2013). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus dan Co Di Kandatel Jakarta. Jurnal INDEPT, 3(1), 1324. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=U_oMabMAAAAJ&hl=id

 

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk

 

Umkm. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176189. Retrieved from journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472

 

Darmawangsa, A. A. B., & Ardani, I. G. A. K. S. A. (2015). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Journal Management Unud, 4(8), 21632175. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?q=Pengaruh+Komunikasi+Pemasaran+ Terpadu+dan+Ekuitas+Merek+Terhadap+Loyalitas+Konsumen&hl=id&as_ sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

 

Erlita,  N.   (2016).  Potret  Periklanan   Di  Media  Massa  Indonesia.   Jurnal  Ilmu

Ekonomi Dan Sosial, 5(2), 199210. Retrieved from http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jies/article/view/2432

 

Fathoni, F., Hidayat, K., & DH, A. F. (2013). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu   Terhadap   Ekuitas   Merek.   Jurnal   Administrasi   Bisnis,   4(2).

 

Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/8782

 

 

 

 

 

146


 

Juwitasari, A., & Gitasiswhara. (2015). Pengaruh Media Advertising Above The Line terhadap Keputusan Menginap di Aston Braga Hotel and Residence Bandung. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, V(1), 883

 

888. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=436178&val=9237&titl

 

e=PENGARUH MEDIA ADVERTISING ABOVE THE LINE TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI ASTON BRAGA HOTEL AND RESIDENCE BANDUNG (Survei Pada Free Individual Traveller yang Menginap di Aston Braga

 

Kartikasari, N. P. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Interaksi, 3(2), 162167. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/8782

 

Krussell, J. G. H., & Paramita, E. L. (2016). Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Alfamart. BENEFIT Jurnal Managemen Dan Bisnis, 1(1),

 

2742. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/2363

 

Mawara, Z. R. (2013). Periklanan dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha. Jurnal Manajemen Univ. Sam Ratulangi Manado, 1(3), 826835. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1891

 

Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Dalam Pemasaran Sosial. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 4(2), 16. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=363921&val=1308&titl e=STRATEGI KREATIF IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM)

DALAM PEMASARAN SOSIAL

 

Prativa, H. (2013). Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Kartu Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) TBK Cabang Samarinda. Jurnal Skripsi Fakultas Ekonomi Univ.Mulawarman, 2(3), 338347. Retrieved from id.portalgaruda.org/ref=browse&mod=viewarticle=63301

 

Purnama, Y. N. dan F. Y. (2013). Peran Iklan Pendidikan Di Media Cetak Sebagai Referensi. Journal Communication Spectrum, 3(1), 6682. Retrieved from http://journal.bakrie.ac.id/index.php/Journal_Communication_spectrum/artic le/view/767

 

Putri, S. E. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Promosi (Promotional Mix) pada Matahari Departement Store Bengkulu. Jurnal Ilmiah Manajemen - Mangement Insight, 9(1), 4554. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/demounib06/article/view/49

 

Resmi, G. G., & Roni, M. (2015). Meningkatkan Penjualan Melalui Konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu Di UMKM ( Sebuah Kajian Teoritis ).

 

Jurnal MADIC. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/2636/1/Prosiding_Mukran.pdf

 

 

 

147


 

Sagiyanto,    A.    (2014).    Strategi    Komunikasi    Pemasaran    Terpadu    Event

JAKCLOTH  SUMMER  FESTIVAL  2014  “  Heroes  of  Our  Time  .”

Komunikator, 6(6), 19. Retrieved from journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/222%0A

 

Santoso,  D.   (2013).   Pengaruh   Brand  Awareness,   Brand  Image,  dan    Brand

Loyality, Terhadap Parent Brand “TOP COFFEE” Di Surabaya Dengan Brand Extention Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Universitas Katolik

 

Widya Mandala Surabaya, 2(4). Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=130468&val=5209

 

Selang, C. A. D. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA:Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, 1(3), 71

 

80. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1374

 

Setiawan, A. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Tinjauan Perancangan ILM Karya Mahasiswa DKV UDINUS). Jurnal Desain

 

Komunikasi Visual&Multimedia, 1(01), 17. Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/954

 

Sulistyowati, D., Lubis, N., & Listyorini, S. (2014). pengaruh periklanan, hubungan masyarakat, dan word of mouth terhadap ekuitas merek sepeda motor matic honda vario. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 110.

 

Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/6572

 

Sunarti, E. Y. (2017). Pengaruh Iklan terhadap Sikap Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2), 4956. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A49

 

Susanto, A., & Sunardi, A. (2017). Aktivitas Bauran Komunikasi Pemasaran Di Perusahaan Jamu Tjipto. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 09. Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2647

 

Swastha  Dharmmesta,   B.   (2014).   Peran   Pemasaran   Dalam   Perusahaan    dan

Masyarakat. Marketing Management, 138. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4785/1/EKMA4216-M1.pdf

 

Wicaksono,