ABSTRAK
Syahrinita
(43150012), Perancangan Iklan Media Cetak Dalam Memperkuat Brand Awareness Deodorant Powder MBK Sebagai Produk Yang Cepat
Menyerap Keringat
Saat ini banyak produsen memproduksi berbagai jenis deodorant seperti roll
on, stick, gel, dan spray namun tidak
sedikit pula perusahaan yang kurang memperhatikan permintaan pasar seperti banyak
produk deodorant yang dijual di
pasaran dengan menggunakan bahan kimia yang berlebihan seperti paraben, propylene glycol, dan alkohol yang pada
akhirnya bukan produk yang menghilangkan bau badan tetapi malah akan
memperbanyak keringat sehingga mengurangi kepercayaan diri, bahkan apabila
digunakan secara terus menerus dapat menimbulkan penyakit seperti kanker,
iritasi berlebih dan efek samping lainnya. Deodorant
powder MBK dapat membantu konsumen memperoleh produk deodorant yang berbahan baku sedikit bahan kimia yang digunakan
seperti tawas untuk menghilangkan bau badan, triclosan membantu mempercepat
menyerapnya keringat dan parfum sebagai bahan tambahan agar tubuh menjadi harum.
Dalam menyusun tugas akhir ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan cara melakukan observasi dan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan.
Data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisa secara deskriptif menggambarkan
hasil observasi kedalam bentuk laporan tugas akhir. Kesimpulan dari observasi
yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa melalui strategi penempatan iklan
media cetak berupa surat kabar (koran), akan lebih efektif untuk menyampaikan
pesan iklan dalam upaya memperkuat kesadaran merek deodorant powder MBK sebagai produk yang cepat menyerap keringat.
Kata
Kunci: Perancangan Iklan Media Cetak, Deodorant
Powder MBK, Brand Awareness,
Cepat Menyerap Keringat.
Bab-I-Pendahuluan
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
Bab-II-Landasan-Teori
Daftar-Pustaka
Bab-IV-Penutup
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
Bab-III-Pembahasan
PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG PERANCANGAN IKLAN MEDIA CETAK DALAM MEMPERKUAT BRAND AWARENESS DEODORANT POWDER MBK SEBAGAI PRODUK YANG CEPAT MENYERAP KERINGAT MENYERAP KERINGAT_File_
DAFTAR
PUSTAKA
Buku
Ardhi, Yudha. 2013. Merancang Media Promosi Unik Dan
Menarik. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi.
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori
& Praktik. Edited by Suryani. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar
Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kriyantono, Rachmat. 2013. Manajemen
Periklanan Teori Dan Praktek. 1st ed. Malang: UB Press.
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital.
Jakarta: Prisani Cendekia.
Supriadi, Yadi. 2013. Periklanan Perspektif Ekonomi
Politik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tandjung, Jenu Widjaja, Teguh Prayogo dan Adi Prabowo. 2013. “Stop Promotion, Start Communication-Jenu
Widjaja Tandjung Dkk-Google Buku. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. doi:234130972.
Waridah, Ernawati. 2017. Kamus Bahasa Indonesia Untuk
Pelajar, Mahasiswa, Dan Umum. Jakarta: Bmedia.
https://books.google.co.id/books?id=nlJBDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kamus+bahasa+indonesia+lengkap&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj_pZLW-YnbAhVP-mMKHU4zCDoQ6AEIPzAE#v=onepage&q=kamus
bahasa indonesia lengkap&f=false.
Waridah, Ernawati, dan Suzana. 2014. Kamus Bahasa
Indonesia Untuk Pelajar, Mahasiswa, Dan Umum. Edited by Team Redaksi.
Bandung: Ruang Kata.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif,
Kualitatif & Penelitian Gabungan. Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.
Jurnal
Ardhanariswari, Kartika Ayu, and Retno Hendariningrum. 2014. “Desain
Layout Dalam Iklan Cetak ( Analisis Deskriptif Pada Iklan Di Majalah Kartini
).” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 13, no. 3, pp. 259–66.
Asmawati, Hanifah. 2018. “Strategi Pengembangan Usaha Dengan
Metode Analisis SWOT Pada Usaha Laundry Istiqomah Di Samarinda.” Administrasi
Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 65–76.
Azhary, Deny Puriyani, et al. 2017. “Formulasi Dan Uji
Aktivitas Pencerah Kulit Sediaan Deodorant Roll On Yang Mengandung Papain.” Jurnal
Farmasi Galenika, vol. 4, no. 2, pp. 52–56.
Azizah, Mabarroh. 2013. “Etika Perilaku Periklanan Dalam
Bisnis Islam.” Ekonomi Syariah Indonesia, vol. III, no. 1, pp. 37–48.
Baskoro, Angga Pradipta. 2018. “Gaya Eksekusi Iklan Digital
Studio Workshop Depok Melalui Poster.” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 5,
no. 1, pp. 13–24.
Dewi, Murti Candra. 2013. “Representasi Pakaian Muslimah
Dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Iklan Kosmetik Wardah
Di Tabloid Nova).” Jurnal Komunikasi PROFETIK, vol. 6, no. 2, pp. 63–82.
Fadilah, Jusuf. 2017. Efektivias Iklan Cetak Hydro Coco
Dengan Menggunakan Metode Direct Rating Method (Survei Pada Remaja Di Gor
Veldrome Rawamangun). Vol. VIII, no. September, pp. 112–20.
Farid, Miftah, et al. 2014. “Pengaruh Promotion Mix Terhadap
Keputusan Pemilihan Merek Oli Mobil Pada Pantai Gading Motor Palangkaraya.” Bisnis
Dan Pembangunan, vol. 2, pp. 36–44.
Fitriani, Wiyatul. 2013. “Efektivitas Pembelajaran Mata
Pelajaran Muatan Lokal Bordir Pada Siswa Tata Busana Kelas XI Di SMK Negeri 1
Kendal.” Fashion And Fashion Education, vol. 2, no. 1, pp. 6–12.
Handriyotopo. 2014. “Tipografi Dekoratif Kawung Floral
Regular.” Penelitian Seni Budaya, vol. 6, no. 2, pp. 126–36.
Harahap, Nursapia. 2014. “Penelitian Kepustakaan.” Iqra,
vol. 8, no. 1, pp. 68–73.
Hermawan, Haris. 2015. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran
Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria
Di Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, vol. 1, no. 2, pp.
143–61.
Hutomo, Azhar. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Program
Interaktif Di RRI PRO 2 FM Jakarta. Vol. VIII, no. September, pp. 172–77.
Lukitaningsih, Ambar. 2013. “Iklan Yang Efektif Sebagai
Strategi Komunikasi Pemasaran.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, vol.
13, no. 2, pp. 116–29.
Marlina. 2016. “Daya Tarik Facebook Sebagai Media Komunikasi
Alternatif.” Al-Balagh2, vol. 1 No.1, pp. 105–25.
Mawara, Zimri Remalya. 2013. “Periklanan Dan Citra Merek
Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha.” EMBA,
vol. 1, no. 3, pp. 826–35.
Nilamsari, Natalina. 2014. “Memahami Studi Dokumen Dalam
Penelitian Kualitatif.” Wacana, vol. XIII, no. 2, pp. 177–81.
Prasetya, Ibnu Stiki, and Nurul Widyawati. 2016. “Pengaruh
Produk, Harga, Saluran Distribusi, Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian
Kukubima Ener-G.” Ilmu Dan Riset Manajemen, vol. 5.
Priangani, Ade. 2013. “Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam
Konteks.” Jurnal Kebangsaan, vol. 2, no. 4, pp. 1–9.
Riyono, and Gigih Erlik Budiharja. 2016. “Pengaruh Kualitas
Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua
Di Kota Pati.” STIE SEMARANG, vol. 8, no. 2, pp. 92–121.
Sari, Alsi Linda, et al. 2014. “Rancang Bangun Aplikasi
Pengenalan Dasar Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.” Algoritma,
vol. 11, no. 1, pp. 1–10.
Sikumbang, Ahmad Tamrin. 2014. “Komunikasi Bermedia.” Jurnal
Iqra, vol. 8, no. 1, pp. 63–67.
Suharyanto, Agung. 2016. “Surat Kabar Sebagai Salah Satu
Media Penyampaian Informasi Politik Pada Partisipasi Politik Masyarakat
Newspapers as One of the Media Submission of Political Information on Political
Participation Society.” Administrasi Public, vol. 6, no. 2, pp. 123–36.
Susilowati. 2017. Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di
Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal.
Vol. VIII, no. September, pp. 47–54.
Tanujaya, Chesley. 2017. “Perancangan Standart Operasional
Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein.” Manajemen Dan Start-up Bisnis,
vol. 2, no. April, pp. 90–95, doi:Volume 2.
Utomo, Ichsan Widi. 2017. Pengaruh Brand Image, Brand
Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping
(Studi Kasus Karyawan BSI Pemuda). Vol. VIII, pp. 76–84.
Wibowo, Nadya Egileona. 2017. Pengaruh Brand Awareness
Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Yellow Truck Cabang Sunda
Bandung Tahun 2017 ) the Influence of Brand Awareness Toward Purchasing
Decision ( Study Case At Yellow Truck Branch Sunda Bandung ). Vol. 3, no.
2, pp. 230–49.
Website
Addinta, Bunga. 2015. “Deodorant
Usage in Indonesia Survey Report - JAKPAT.” https://blog.jakpat.net/deodorant-usage-in-indonesia-survey-report/.
Biro Iklan Koran Radio Mandarin | Pasang Iklan 021-5436 1493,
WA: 0822 9900 8066 "Resmi & Terpercaya Sejak Tahun
2009"” http://blog.doremindo.com/biro-iklan-mandarin.
Hubungi Kami - Hibka Amanah Ratu. PT. http://id2339205.panpages.co.id/contact-us.
Jamu Airmancur http://airmancur.co.id/.
Kreatif Media | Konsultan Media & Pemasang Iklan. https://www.kreatifmedia.co.id/.
Lubis, Mila. 2017. “Media Cetak Mampu Mempertahankan
Posisinya". http://www.nielsen.com/id/en/press-room/MEDIA-CETAK-MAMPU-MEMPERTAHANKAN-POSISINYA.html.
Miani, Jana. 2018. Perbedaan Deodoran Spray,
Roll-On, Stick Dan Powder Yang Perlu Kita Tahu Supaya Enggak Bau Badan-Semua
Halaman- Cewekbanget.Grid.ID.
http://cewekbanget.grid.id/read/06866749/perbedaan-deodoran-spray-roll-on-stick-dan-powder-yang-perlu-kita-tahu-supaya-enggak-bau-badan?page=all.
TOP BRAND AWARD.http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2018_fase_1.