Perusahaan
pada umumnya membutuhkan kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan. PT
ASABRI (Persero) mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan tujuan
untuk memberikan kesempatan kepada karyawan dalam mengembangkan pengetahuan,
keterampilan, kreativitas, serta keahlian dalam menjalankan pekerjaan mereka
serta meningkatkan keefektivan dan keefisienan saat bekerja. Peneliti melakukan
penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dekriptif yaitu melakukan
pengumpulan data penelitian dengan metode observasi, metode wawancara, dan
metode dokumentasi secara langsung dengan karyawan pada Divisi Pelatihan dan Pengembangan,
selaku Divisi yang menjalankan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan
bagi karyawan pada PT ASABRI (Persero) sendiri mulai dibedakan dari jenis
pendidikan dan pelatihan, prosedur pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, serta
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang berlangsung pada PT ASABRI (Persero).
Kegiatan tersebut dibedakan agar setiap kegiatan pendidikan dan pelatihan yang
berjalan di perusahaan akan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan
harus tetap diperhatikan agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan alurnya.
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
BAB IV
DAFTAR LAMPIRAN
LEMBAR KONSULTASI
BAB II
BAB I
KATA PENGANTAR
BAB III
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR PUSTAKA
SURAT KETERANGAN RISET
Basri, H., & Rusdiana. (2015). Manajemen
Pendidikan & Pelatihan. (B. A. Saebani, Ed.) (cetakan 1). Bandung: CV
Pustaka Setia.
Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. (I.
Setyobudi, Ed.) (cetakan 1). Gava Media.
Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya
Manusia. (B. Seda, Ed.) (Cetakan 2). Yogyakarta: Center for Academic
Publishing Service.
Hidayat, & Nuraisyah. (2017). Pengaruh Diklat (Pendidikan
dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di Bank BPR Rokan Hulu, 6.
Ningrum, W., Sunuharyo, B. S., & Hakam, M. S. (2013).
Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan, 6(2).
Sedarmayanti. (2016). Sumber Daya Manusia dan
Produktivitas Kerja (cetakan 12). Bandung: CV Mandar Maju.
Siswidiyanto, Pakpahan, E. S., & Sukanto. (2013).
Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan
Kepegawaian Daerah Kota Malang). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap
Peningkatan Kinerja Pegawai, 2(1), 116–121.
Standard Operatring Procedure PT ASABRI (Persero). Nomor:
SOP-ASA-PRS-01. Mengenai Perencanaan dan Pelaksanaan Diklat Pegawai.
Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber
Daya Manusia. (L. Malyani, Ed.) (cetakan 1). Bandung: Yrama Widya.
Tua, A. G., Tewal, B., & Karuntu, M. (2014). Konsep Diri,
Pendidikan Dan Pelatihan, Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di
Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 2(1), 353–362.
Turere, V. N. (2013). ISSN 2303-1174 Verra Nitta Turere,
Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan…. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan
Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian
Kalasey, 1(3), 10–19.
Undang-Undang
No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.