PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI AKUNTANSI MENGGUNAKAN ZAHIR ACCOUNTING VERSI 5.1 PADA KOPERASI LKM UPK DAPM MIRBA LAMPUNG

research
  • 13 Feb
  • 2019

PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI AKUNTANSI MENGGUNAKAN ZAHIR ACCOUNTING VERSI 5.1 PADA KOPERASI LKM UPK DAPM MIRBA LAMPUNG

ABSTRAK

Dhinnar Shafira (11150363), Pengolahan Data Transaksi Akuntansi menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1 pada Koperasi LKM UPK DAPM MIRBA Lampung.

 

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer    yang   merupakan    peralatan    yan diciptakan    untuk mempermudah  pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware  maupun  software.  Koperasi  membutukan  sekali  adanya  suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para nasabahnya. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai pengolahan data transaksi akuntansi di Koperasi LKM UPK DAPM MIRBA Lampung yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Pada saat ini Koperasi LKM UPK DAPM MIRBA Lampung hanya berupa perusahaan yang melakukan kegiatan simpan pinjam. Sistem yang ada pada Koperasi LKM UPK DAPM MIRBA Lampung ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan kas masuk, kas keluar sampai penyimpanan  data-data  lainnya  yang berhubungan  dengan  proses   hingga sampai  pembuatan  laporan,  sehingga memungkinkan pada saat  proses  berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan   dalam   pencaria data-data   yang   diperlukan.   Pengolahan data transaksi akuntansi menggunakan Zahir Accounting Versi 5.1 merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini. Aplikasi Zahir Accounting Versi 5.1  apabila setiap hari menginput transaksi dengan benar, pada akhir periode hanya perlu mencetak laporan yang dibutuhkan secara otomatis. Pengolahan data akuntansi sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui kondisi perusahaan dengan benar, dan juga hasil pengolahan data akuntansi yang berupa laporan keuangan.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Arismawati, K. N., Atmadja, A. T., & Sulindawati. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi Koperasi Berbasis Sak-Etap, Kematangan Usia, Perilaku, Dan Efektivitas Kinerja Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 8.

 

 

Desmahary, Y., & Kuswara, H. 2016. Aplikasi Akuntansi  Zahir Accounting Untuk Pengolahan Data KeuanganPada  PD. Nugraha Jakarta. Jurnal Online Insan Akuntan, 1(2), 391–412. Retrieved from http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/232

 

Estenberg, & Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif.

 

Febriarti, E. B. B., Muryani, S. (STMIK N. M. J., & Rofiah, S. B. I. 2017. Pengolahan Data Keuangan Menggunakan Zahir Accounting 5.1 Pada Yayasan Pendidikan Islam An – Nuur Bogor. Information Management For Educators and Professionals, 1(2), 199–212.

 

Habibah, C. U., Faizah, S., & Solecha, K. 2018. Pengolahan Data Akuntasi pada Moment to Go Menggunakan Aplikasi Zahir Accounting Versi 5 . 1. Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, VII(1), 1–8.

 

Hadi, S., & Sugiyono. 2013. Metode Penelitian.

 

Harahap,  sofyan syafri. 2015. Teori Akuntansi (cetakan 14). jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi.

 

TMBooks. 2017. Sistem Informasi Akuntansi Esensi & Aplikasi. (TMBooks, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET.