EFEK METODE PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL IQ SISWA

research
  • 25 Jan
  • 2019

EFEK METODE PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL IQ SISWA

Penelitian bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar dengan metode inquiry bebas, inquiry terbimbing, dan konvensional, dengan mengontrol Intelligence Quotient (IQ) siswa. Penelitian berlokasi di SMPN 267 Jakarta, yang dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX, dengan sampel kelas IX-A, IX-B, dan IX-D yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Static-Group Comparison. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan Ankova satu arah. Setelah mengontrol IQ siswa, hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar dengan metode inquiry bebas, inquiry terbimbing, dan konvensional; (2) Metode inquiry bebas lebih efektif dibandingkan metode inquiry terbimbing; (3) Metode inquiry bebas lebih efektif dibandingkan metode konvensional; dan (4) Metode inquiry terbimbing lebih efektif dibandingkan metode konvensional. 

Unduhan

 

REFERENSI


Adinawan, M. Cholik & Sugijono. 2007. Matematika SMP Jilid 3A Kelas IX: Berdasarkan Standar Isi 2006. Jakarta: Erlangga.

Alisah, Evawati & Eko Prasetyo Dharmawan. 2007. Filsafat Dunia Matematika: Pengantar Untuk Memahami Konsep-Konsep Matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anderson, Lorin W. & David R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Bloom, Benjamin S. 1979. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals: Handbook 1 Cognitive Domain. London: Longman Group Ltd.

Boeree, C. George. 2003. Intelligence and IQ. http://webspace.ship.edu/cgboer/
intelligence.html

Carter, Philip. 2011. Panduan Lengkap Tes Kecerdasan: 500 Latihan Untuk Memajukan, Meningkatkan, dan Memperbaiki Daya Pikir Anda. Jakarta: Indeks.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

_____________________________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Driana, Elin. 2012. Gawat Darurat Pendidikan. http://nasional.kompas.com/
read/2012/12/14/02344589/gawat.darurat.pendidikan.

Ferguson, A. George. 1989. Statistical Analysis in Psychology and Education. San Francisco: McGraw-Hill Book Company.

Gagne, Robert M. 1985. The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Gagne, Robert M. & Leslie J. Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Gronlund, Norman E. 1976. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Co.

Gullford, J. P. & F. Benjamin. 1978. Fundamental Statistic in Psychology and Education. Sydney: McGraw-Hill Book Company.

Hayat, Bahrul, Sumarna S. Pranata & Suprananto. 1999. Manual Item and Test Analysis (ITEMAN): Pedoman Penggunaan ITEMAN. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian, Balitbang Dikbud.

Indonesian Creative Centre. 2011. Laporan Hasil Evaluasi Psikologis SMPN 267 – Jakarta Selatan. Jakarta: Indonesian Creative Centre.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Kadir. 2010. Statistika: Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.

_____. 2012. Materi Pendukung Desain Eksperimen. Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP).

Kurniawan. 2007. Mandiri Matematika SMP Kelas IX: Berdasarkan Standar Isi 2006. Jakarta: Erlangga.

Lindawati, S. 2011. “Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan: Journal of Education 2(2) 2011.

Marsamto. 2010. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 75 Jakarta”. Jakarta: Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

MGMP Matematika SMP DKI Jakarta. Rencana Pembelajaran. http://
matematikasmpdki.blogspot.com/2010/10/rencana-pembelajaran.html

Michael, Robert S. Threats to Internal & External Validity: Strategies for Educational Inquiry. http://www.indiana.edu/~educy520/sec5982/week_9/520in_ex_validity. pdf

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murwani, Santosa. 2011. Statistika Terapan: Teknik Analisis Data. Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Novrida, L. 2010.  Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Intelegensi Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16(3) 2010: 300-310.

Pendekatan Pembelajaran Konvensional. http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/20/
pendekatan-pembelajaran-konvensional-40376.html

Pendidikan Fisika UHAMKA. Pengertian Metode Inkuiri. http://fisika-uhamka.
weebly.com/uploads/7/0/8/9/7089344/pengertian_metode_inkuiri.docx

PPPPTK Matematika Kementerian Pendidikan Nasional. eBook dan Modul Digital Matematika. http://ebook.p4tkmatematika.org

Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. http://edukasi.kompas.com
/read/2012/12/14/09005434/Prestasi.Sains.dan.Matematika.Indonesia.Menurun

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Model Pembelajaran Konvensional. http://blog.tp.ac.id/model-pembelajaran-konvensional