PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYIMPANAN BENIH DI LABORATORIUM BANK GEN BB BIOGEN BOGOR

research
  • 08 Jan
  • 2019

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYIMPANAN BENIH DI LABORATORIUM BANK GEN BB BIOGEN BOGOR

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) merupakan lembaga di bawah Badan Litbang Pertanian yang melakukan penelitian bioteknologi dan sumber daya genetik (SDG) pertanian. Usaha pelestarian sumber daya genetik pertanian diwujudkan dengan eksplorasi dan penyimpanan SDG pertanian dalam bentuk benih. Benih disimpan khusus di laboratorium Bank Gen BB Biogen. Berdasarkan database BB Biogen, koleksi SDG di laboratorium Bank Gen berjumlah 10.840 aksesi benih. Data benih Bank Gen disimpan dalam bentuk pangkalan data (database) berbasis Microsoft Access. Perubahan data meliputi pencatatan data benih dan entry data dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Pembaharuan data setiap benih juga menjadi kendala, contohnya penyimpanan benih jangka pendek hanya diperbaharui satu tahun sekali yang seharusnya dilakukan sesuai jadwal menanam dan panen setiap benih. Hal ini dikarenakan belum adanya sistem pengelolaan benih yang baik. Melalui sistem informasi berbasis dekstop, pengelolaan data menjadi lebih mudah, cepat dan akan lebih informatif bagi siapa saja yang ingin mengetahui data di Bank Gen seperti jenis, jumlah dan karakteristik benih yang disimpan. Berkenaan dengan uraian tersebut, dilakukan analisis mengenai perancangan sistem  pengelolaan dan penyimpanan benih di Laboratorium Bank Gen BB Biogen Bogor dengan sistem informasi berbasis desktop.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdillah, L. A. (2006). Perancangan basisdata sistem informasi penggajian. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol.8 No.2, 135–152.

Destiana, H., & Fajrin, F. (2014). Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Pada Pt . Catur Daya Persada Jakarta. Jurnal Paradigma, XVI(2), 32–43. https://doi.org/10.31294/P.V16I2.775

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. Iv, No. 2 Desember 2016, IV(2), 126–138.

Hendini, A. (2016). PEMODELAN UML SISTEM INFORMASI MONITORING PENJUALAN DAN STOK BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK) (Vol. IV).

Rossa A.S., dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:           Informatika Bandung.

Stefano. 2014. Cara Membangun Sistem Informasi Menggunakan VB.Net da Komponen Dxperience. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Tim Peneliti. 2010. Buku Katalog Sumber Daya Genetik Pertanian tahun 2010. BB Biogen Bogor