RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-12-21

Abstraksi

Komitmen pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat luas dibuktikan dibangunnya puskesmas diseluruh Indonesia. Mengutip laman http://www.kemkes.go.id Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk Indonesia Lebih Sehat, motto tersebut menjadi motivasi puskemas untuk meningkatkan kinerjanya. Puskesmas merupakan sektor instansi kesehatan yang berkembang dengan cepat seiring bertambahnya penduduk. Kualitas pelayanan menjadi titik sentral puskesmas. Seiring dengan era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan munculnya berbagai inovasi digital berdampak pada layanan kesehatan puskesmas. Adanya gap diera digital dengan sistem yang ada di puskesmas dimana data pasien, poli, dokter, pemeriksaan bidan, rekam medik, resep, history obat, rujukan internal, pemeriksaan laboratorium dan umpan balik rujukan internal yang tersebar dibanyak divisi belum terintegrasi mengakibatkan kecepatan layanan terhambat, sharing data, pengolahan transaksi, distribusi informasi belum berjalan dengan maksimal. Dampak yang dirasakan oleh sumber daya manusia yang menjalankan sistem disemua divisi antara lain kejenuhan, tingkat kelelahan meningkat, peluang human error tinggi. Berpijak pada peningkatan kualitas kinerja SDM dan pelayanan puskesmas, solusi melalui pengembangan sistem berbasis digital menjadi acuan paling tepat dalam menyelesaikan hambatan-hambatan yang terjadi. Sistem informasi puskesmas(E-SISEPUS) merupakan aplikasi mengintegrasikan semua data dan informasi yang tersebar disemua divisi dengan mudah dan bersifat transparan. Multi Find menjadi fitur yang sangat baik dalam pencarian resep obat. E-SISEPUS dilengkapi kode unik, notification system dan bersifat responsive. Azas manfaat menjadi point penting implementasi E-SISEPUS yang mampu melindungi data dan informasi secara efketif dan efisien, pasien mendapatkan kenyamanan setiap melakukan pengobatan, meningkatkan efisiensi waktu dan proses serta kinerja disetiap divisi maupun pihak manajemen, sharing data dan informasi dilayani oleh satu pintu database management system

Kata Kunci: Revolusi industri, Digital, E-Sisepus, Multi Find, responsive

Bidang ilmu
Sistem Informasi

Bibliografi

Dewi, S. C., Saryoko, A., & Sukmana, S. H. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Kas. Paradigma, 20(1), 70–77.

Isty, I., & Afifah, N. (2018). Sistem Informasi Penjualan Busana Pengantin Pada Tutut Manten Yogyakarta, 10(1), 1–6.

Mubarok, A., & Hadianti, S. (2016). Perancangan Program Transaksi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Web. Jurnal Informatika, III(1), 8.

Permana agus yoga. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis WEB, 1(2), 127–133.

Rohman, R. S., & Saputra, R. A. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru ( Psb ) Online Berbasis Web Pada Mts Al- Mu ’ Min Sukabumi. SNIPTEK 2016, 205–213.

Susanti, M. (2016). Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika, (1), 91–99.

Syara Chintya Dewi1, Andi Saryoko2, S. H. S. 1AMIK, Dewi, S. C., Saryoko, A., & Sukmana, S. H. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Kas, XX(1), 70–77.