PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER

research
  • 21 Dec
  • 2018

PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER

ABSTRAK

 

Alviani Prasetya (41150008), Program Eksternal Relations PT Sayaga Wisata Bogor Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Customer.

 

      Perusahaan merupakan suatu organisasi yang mempunyai tujuan tertentu dalam menjalankan usahanya. dalam suatu organisasi peran seorang Humas sangat diperlukan dalam menjalin komunikasi baik itu dengan publik internal maupun publik eksternal, karena tujuan perusahaan akan tercapai apabila ada dukungan dari masing-masing publik. Maka dari itu sangat penting sekali bagi perusahaan untuk menjalin komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan khalayak atau masyarakat pada umumnya salah satu nya customer. PT Sayaga Wisata Bogor adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa tour and travel dimana dalam upaya menjalin hubungan baik dengan customer maka perusahaan membuat program eksternal relations dengan mengundang para customer untuk makan bersama serta berpartisipasi dalam acara perayaan ulang tahun perusahaan yang ke-3, karena bagi perusahaan peran customer sangatlah penting bagi pasang surutnya roda bisnis perusahaan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif, dengan teknik observasi jenis Nonparticipant observation (pengamatan nonpartisipasi), dan wawancara semistruktur dengan pihak-pihak bersangkutan, dan data-data yang diperoleh kemudian dianalisa. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menunjukan bahwa melalui Humas segala bentuk komunikasi bisa terjalin dengan baik, maka tugas dan fungsi Humas  ini tidak dapat dianggap sebelah mata. Dan dengan diadakan nya acara perayaan ulang tahun PT Sayaga Wisata Bogor ini maka para customer  merasa di hargai dan diperhatikan oleh Perusahaan.

 

 

Kata Kunci: Humas, Program External Relations, Customer

Unduhan

 

  • file_11-Bab-III-pembahasan.pdf

    Bab-III-pembahasan

    •   diunduh 401x | Ukuran 326,182
  • file_5 lembar konsultasi tugas akhir.pdf

    PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_5 lembar konsultasi tugas akhir.pdf

    •   diunduh 149x | Ukuran 171,163
  • file_6 Kata pengantar.pdf

    PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_6 Kata pengantar.pdf

    •   diunduh 167x | Ukuran 156,721
  • file_2 Lembar pernyataan keaslian tugas akhir.pdf

    PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_2 Lembar pernyataan keaslian tugas akhir.pdf

    •   diunduh 173x | Ukuran 68,973
  • file_1 Lembar Judul.pdf

    PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 221x | Ukuran 182,064
  • file_10-Bab-II-Landasan-teori.pdf

    Bab-II-Landasan-teori

    •   diunduh 2165x | Ukuran 302,646
  • file_15 Surat Riset.pdf

    PROGRAM EKSTERNAL RELATIONS PT SAYAGA WISATA BOGOR DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN CUSTOMER_file_15 Surat Riset.pdf

    •   diunduh 265x | Ukuran 346,920

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Arista, Atmadji. 2018. Layanan Prima alam Praktik Saat Ini. Yogyakarta:   Deepublish (Grup CV Budi Utama).

 

AndiPate, Anwar Arifin. 2015. Paradigma Baru Public Relations-Teori-Strategi     dan Riset. Jakarta: Pustaka Indonesia.

 

Gassing, Syariffudin S. Suryanto. 2016. Public Relations. Jakarta: Andi Publisher.

 

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta:   PT Bumi Aksara.

 

Irawan, Cyltamia. 2013. Secangkir Kopi Untuk Sahabat Customer. Jakarta:            Gramedia Pustaka Utama

 

Kriyanto, Rachmat. 2016. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana        Prenada Media Group.

 

Mukarom, Zaenal. Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Public    Relations. Bandung: Pustaka Setia.

 

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

 

Nesia, Andin. 2016. Dasar-Dasar Humas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Noor, Any. 2017. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta CV.

 

Rusla, Rosady. 2015. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi:            konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi:          Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Ruslan, Rosady. 2017. Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi. Jakarta:            PT Raja Grafindo Persada.

 

Sari, A. Andhita. 2017. Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik.     Yogyakarta:    Deepublish (Grup CV Budi Utama).

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif  Kualitatif R&D. Bandung:            Alfabeta.

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

 

Suryanto. 2013. Membangun Citra dengan Metode Public Relations. Bandun: CV             Arfindo Raya.

 

 

Kussanti Devy Putri dan Intan Leliana. 2017. Dampak Program Dinas Penanaman             Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Walikota Depok     Bagi Masyarakat, Vol VIII Nomor 2 hal 123, diambil dari :             http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2974 6 juni       pukul 10:00

 

Ratih, Cokorda Istri Sinta Sukma, dan Dewa Ayu Sagiarta Joni. 2015. Strategi      Humas PT Tirta Mumbul Jaya Abadi dalam Membangun Citra dan Reputasi           Positif pada Publik Eksternal . Bali: Jurnal Sosial dan Politik. Vol.1 No.1:1.