STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK

research
  • 21 Dec
  • 2018

STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK

ABSTRAK

Nasya Dwisty Jennita (41150180), Strategi Humas Kementerian Perindustrian Dalam Peluncuran Roadmap Industri 4.0 Sebagai Informasi Publik

Perkembangan Industri Indonesia telah mengalami revolusi, dimulai  dari Industri 1.0 yang mengandalkan mesin uap, hingga saat ini menjadi Industri 4.0. yang dimana mesin telah terintergrasi dengan jaringan internet. Keberadaan biro Humas di sebuah instansi milik pemerintah merupakan suatu keharusan secara fungsional dan operasional dalam upaya menyebarluaskan atau mempublikasikan tentang suatu kegiatan atau aktivitas dari suatu instansi yang ditujukan untuk publik internal maupun publik eksternal. Melalui peluncuran Roadmap Industri 4.0 Humas Kementerian ingin menginformasikan kepada masyarakat mengenai Konsep Industri 4.0. Humas Kementerian Perindustrian dalam menginformasikan kepada masyarakat menggunakan media publikasi seperti poster, website, media sosial, media cetak dan online. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, sebuah penelitian yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi, penulis menggunakan observasi non partisipan, dimana data yang di peroleh berasal dari wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang bersangkutan.

 

Kata Kunci : Strategi Humas, Publikasi

Unduhan

 

  • File_8-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 137x | Ukuran 141,000
  • File_12-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 235x | Ukuran 246,138
  • File_16 Surat Keterangan Riset.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_16 Surat Keterangan Riset.pdf

    •   diunduh 117x | Ukuran 307,156
  • File_15 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_15 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 137x | Ukuran 282,549
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 139x | Ukuran 27,183
  • File_6 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_6 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 109x | Ukuran 383,390
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 125x | Ukuran 334,951
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 123x | Ukuran 390,468

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi, Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Febriansyah, M. (2015). Program Corporate Social Responcibility Oleh Humas PT Radio Suara Leo Dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Yayasan Anak Yatim Di Wilayah Cirebon. JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI  KOMPUTER.

Fitriansyah, F. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran (Gadget) Untuk Memotivasi Belajar Siswa SD. JURNAL HUMANIORA BSI.

Iriantara, Y. (2017). Media Relations, Konsep, Pendekatan, Dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lutfi, M., & Satriawan, M. (2014). Meneropong Komisi Informasi Publik. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Maudi, E., & Susilowati. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.

Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi Publik Internal. JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.

Morissan. (2014). Manajemen Public Relations, Strategi Humas Profesional. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Pudjiastuti, W. (2013). Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations Dan Media Komunnikasi Konsep dan Aplikasinya. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suryabrata, S. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: PT RajaGafindo Persada.

Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2017). Strategi Komunitas BETAWI Dalam Mempromosikan Tradisi Palang Pintu (Studi Kasus Pada Event Festival Palang Pintu XI). JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.

Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemertintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Status www.sumbawabaratkab.go.id. JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.