ABSTRAK
Nasya Dwisty Jennita (41150180), Strategi Humas
Kementerian Perindustrian Dalam Peluncuran Roadmap Industri 4.0 Sebagai
Informasi Publik
Perkembangan
Industri Indonesia telah mengalami revolusi, dimulai dari Industri 1.0 yang mengandalkan mesin uap,
hingga saat ini menjadi Industri 4.0. yang dimana mesin telah terintergrasi
dengan jaringan internet. Keberadaan biro Humas di sebuah instansi milik
pemerintah merupakan suatu keharusan secara fungsional dan operasional dalam
upaya menyebarluaskan atau mempublikasikan tentang suatu kegiatan atau
aktivitas dari suatu instansi yang ditujukan untuk publik internal maupun
publik eksternal. Melalui peluncuran Roadmap Industri 4.0 Humas Kementerian
ingin menginformasikan kepada masyarakat mengenai Konsep Industri 4.0. Humas
Kementerian Perindustrian dalam menginformasikan kepada masyarakat menggunakan
media publikasi seperti poster, website, media sosial, media cetak dan online. Pada
penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, sebuah penelitian
yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam
melakukan observasi, penulis menggunakan observasi non partisipan, dimana data
yang di peroleh berasal dari wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang
bersangkutan.
Kata Kunci : Strategi Humas, Publikasi
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_7 Kata Pengantar.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
Daftar-Pustaka
Bab-IV-Penutup
Bab-I-Pendahuluan
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_16 Surat Keterangan Riset.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_15 Daftar Riwayat Hidup.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_1 Lembar Judul.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_6 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM LAUNCHING ROADMAP INDUSTRI 4.0 SEBAGAI INFORMASI PUBLIK_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi, Teori,
Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Febriansyah, M. (2015). Program Corporate Social
Responcibility Oleh Humas PT Radio Suara Leo Dalam Meningkatkan Kepedulian
Terhadap Yayasan Anak Yatim Di Wilayah Cirebon. JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
KOMPUTER.
Fitriansyah, F. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran
(Gadget) Untuk Memotivasi Belajar Siswa SD. JURNAL
HUMANIORA BSI.
Iriantara, Y. (2017). Media Relations, Konsep, Pendekatan,
Dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi
Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi
Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lutfi, M., & Satriawan, M. (2014). Meneropong
Komisi Informasi Publik. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Maudi, E., & Susilowati. (2018). Strategi Koperasi
Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona
Nusantara. JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT
Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media
Informasi Publik Internal. JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.
Morissan. (2014). Manajemen Public Relations, Strategi
Humas Profesional. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Pudjiastuti, W. (2013). Special Event Alternatif Jitu
Membidik Pasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations Dan Media
Komunnikasi Konsep dan Aplikasinya. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprawoto. (2018). Government Public Relations
Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suryabrata, S. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: PT
RajaGafindo Persada.
Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2017). Strategi Komunitas
BETAWI Dalam Mempromosikan Tradisi Palang Pintu (Studi Kasus Pada Event
Festival Palang Pintu XI). JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.
Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemertintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Status www.sumbawabaratkab.go.id. JURNAL KOMUNIKASI AKADEMI KOMUNIKASI BSI JAKARTA.