STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA

research
  • 21 Dec
  • 2018

STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA

ABSTRAK

 

Adam Dharmawan Putra (41140302), Strategi Marketing Komunikasi PT Bank Tabungan Negara Dalam Upaya Meningkatkan Awereness Produk Tabungan BTN Batara.

 

 

Gaya menabung zaman sekarang sudah berubah dari yang hanya menabung dengan pemanfaatan celengan sebagai media menabung kini perlahan masyarakat beralih ke Perbankan.  Tempat paling aman untuk menabung adalah di Perbankan, Hal itu menjadikan persaingan di Industri Perbankan, sehingga Perbankan wajib mempunyai produk tabungan dengan keunggulan dan Fasilitas berbeda dari setiap Bank seperti  SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking, terlebih Lini Bitniz Bank BTN bukan hanya saja fokus pada produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai kekuatan utama tetapi juga ingin memperkuat perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya di sektor pasar Consumer Retail. Karna berbagai permasalahan tersebut, Unit Marketing Komunikasi harus bekerja lebih keras dalam upaya meningkatkan Awareness produk tabungan BTN Batara agar masyarakat menjadi bagian dari nasabah Bank BTN. Inilah yang akan membuat masyarakat mempertimbangkan dengan baik dimanakah tempat yang tepat dalam mendukung transaksi perbankan, menabung dan berinvestasi. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif- deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian kedalam bentuk laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menunjukkan bahwa Strategi Marketing Komunikasi PT. Bank Tabungan Negara dalam upaya meningkatkan Awereness Produk Tabungan BTN Batara melalui kegiatan Special EventPesta KPR BTN” yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) berpengaruh bagi eksistensi Tabungan Batara yang memberikan solusi tabungan transaksional dengan kemudahan transaksi pembelian dan pembayaran melalui channel Bank BTN untuk menunjang aktivitas keuangan keluarga.

 

 

Kata Kunci: Strategi, Marketing Komunikasi, Awereness

Unduhan

  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 125x | Ukuran 124 KB
  • File_6 Kata Pengantar (1).pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_6 Kata Pengantar (1).pdf

    •   diunduh 123x | Ukuran 337 KB
  • File-5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir Asisten Pembimbing.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File-5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir Asisten Pembimbing.pdf

    •   diunduh 121x | Ukuran 136 KB
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 93x | Ukuran 146 KB
  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    •   diunduh 83x | Ukuran 148 KB
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 101x | Ukuran 154 KB
  • File_12-Bab-IV-Penutup.pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 129x | Ukuran 179 KB
  • File_9-BAB-I.pdf

    BAB-I

    •   diunduh 245x | Ukuran 319 KB
  • File_8 Daftar isi.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_8 Daftar isi.pdf

    •   diunduh 659x | Ukuran 2,165 KB

 

  • File_13-Daftar-Pustaka-(1).pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 214x | Ukuran 140,613
  • File_11-BAB-lll.pdf

    BAB-lll

    •   diunduh 766x | Ukuran 420,757
  • File_10-BAB-ll.pdf

    BAB-ll

    •   diunduh 173x | Ukuran 386,213
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 94x | Ukuran 129,852
  • File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf

    •   diunduh 203x | Ukuran 177,964
  • File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 99x | Ukuran 126,512
  • File_15 Surat Keterangan Riset (2).pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_15 Surat Keterangan Riset (2).pdf

    •   diunduh 183x | Ukuran 161,696
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI PT BANK TABUNGAN NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWERENESS PRODUK TABUNGAN BTN BATARA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 104x | Ukuran 148,243

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Ardhoyo, T. E. (2013). Peran dan Strategi Humas (Public Relations) dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1.

Fitriani, W. (2013). Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Bordir pada Siswa Tata Busana Kelas XI di SMK Negeri 1 Kendal. Fashion and Fashion Education Journal, 2(1), 6–12. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe

Grania, F., Setianti, Y., & Budiana, R. (2018). Proses Public Relations Kegiatan Open House PT . Dirgantara Indonesia Dalam Membangun Brand Awareness, 2(2), 136–152.

Hutomo, A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Program Interaktif Di Rri Pro 2 Fm Jakarta, VIII(September), 172–177.

Iwan, & Nainggolan, K. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser , Brand Awareness Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Mie Suksess ( Studi Empiris Pada Penduduk Kecamatan. Cakrawala, XVII(2), 146–155.

Komunikasi, J., Fajar, A., Pascasarjana, P., & Manajemen, M. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication ( Imc ) Pada Pt Tokopedia Dalam, VIII(September), 210–214.

Madhalena, E., & Syahputra. (2016). Pengaruh Event Marketing Terhadap Brand Image Rokok Djarum Super Mild. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Ecodemica, 4(2), 179–188. Retrieved from http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JAKK/article/view/2467/1898%0A

Maulana, R. I. (2018). Pengaruh Awareness , Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Kota Tangsel. Jurnal Ecodemica, 2(1), 86–101. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/index

Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi  Publik Internal. Jurnal Komunikasi, 9(1), 24–30. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3405

Puspokusumo, A. (2011). PERANAN MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN : STUDI KUALITATIF PADA RE-OPENING HOTEL MANDARIN ORIENTAL , JAKARTA PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah. Binus Bussiness Review, 2(1), 202–215.

Qonaah, S. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility PT PLN Distribusi Jawa Tengah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan Lingkungan Melalui Program “ PLN PEDULI ,” 9(1).

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Septiani, G., Sumartias, S., & Perbawasari, S. (2017). Pembentukan Brand Awareness Warunk Indomie Upnormal. Jurnal Profesi Humas, 1(2), 124–131.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian(Studi Kasus). Metode Deskriptif, (April 2015), 31–46.

susilowati,  susilowati. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri  Dalam Memperkenalkan Product  Knowledge Melalui  Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–38. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3592

Tobing, C. M. C. L., Perbawasari, S., & Erdinaya, L. K. (2017). Manajemen Special Event AJB Bumiputera 1912 Bandung Melalui Customer Gathering. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v2i1

Ubaidillah, A. A. (2015). Peran Iklan, Promosi Penjualan Dan Acara Khusus Pada, 6(2), 40–45.

Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND AWARENESS , DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING ( Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda ). Jurnal Komunikasi, VIII(1), 76–84. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2327

Yusmawati. (2017). Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs. Jurnal Komunikasi, VIII(1), 1–12.