ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA SUB-BAGIAN PENGADUAN KOMISI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA JAKARTA

research
  • 19 Dec
  • 2018

ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA SUB-BAGIAN PENGADUAN KOMISI NASIONAL HAK ASASI MANUSIA JAKARTA

Amalia Indah R (22150727), Analisis Pelayanan Publik Pada Sub-Bagian Pengaduan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Jakarta

Pelayanan publik merupakan suatu prioritas utama pada setiap lembaga pemerintah, mulai dari sikap karyawan, grooming karyawan, serta kenyamanan pada saat pelanggan mengadu. Suatu lembaga pemerintah untuk memberikan pelayanan yang baik harus mendapatkan karyawan yang dapat menangani pengadu serta menganalisis sebuah masalah yang diadukan oleh pengadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Komnas HAM, mengetahui bagaimana prosedur pengaduan, dan mengetahui kendala apa saja yang ada pada pengaduan sertabagaimana solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

Penelitian ini merupakan metode kualitatif untuk menganalisis kualitas pelayanan pada Komnas HAM. Data yang dianalisis hasil dengan wawancara dengan Kepala Sub Bagian Pengaduan dan pengamatan langsung pada bagian pelayanan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pada Komnas HAM Komnas mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibuat sendiri berdasarkan dengan pelayanan publik yang harus dilaksanakan oleh lembaga Negara, pelayanan publik yang pada Komnas sudah memenuhi standar yang ada, baik dari segi reability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Pelayanan publik Komnas HAM mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) dan SOP tersebut mengacu atau dibuat oleh Komnas HAM sesuai dengan standar ketetapan pelayanan publik berdasarkan keputusan Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor 63 tahun 2003.


Unduhan

 

REFERENSI