Prosedur Kearsipan Pada Biro Kepegawaian Kantor Badan Pusat Statistik DKI Jakarta

Lihat/Buka File Peer Review

Tanggal

2018-11-12

Penulis

Abstraksi

Kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting. Informasi tertulis yang tepat harus tersedia apabila diperlukan agar kantor dapat memberikan pelayanan yang efektif. Pada kantor Badan Pusat Statistik menggunakan jenis kearsipan azas desentralisasi yang artinya memiliki arsip sendiri di setiap bagian masing-masing. Pada setiap meja kerja di bagian tersebut juga memiliki arsip sendiri agar memudahkan mereka melihat kembali data-data yang sudah ada atau yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif, penulis juga menggunakan metode observasi, motede wawancara, dan metode studi pustaka. Dari hasil penelitian, kearsipan yang digunakan di Biro Kepegawaian Badan Pusat Statistik DKI Jakarta masih manual dan menggunakan prosedur pada umumnya, seperti pemeriksaan arsip, mengindeks arsip, pemberian tanda/kode arsip, menyortir arsip dan menyimpan arsip dan juga menggunakan peralatan dan perlengkapan pada umunya seperti ordner, lemari arsip dll. Tetapi Badan Pusat Statistik RI telah membuat dan menggunakan aplikasi SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian) berbentuk web yang bisa diakses oleh semua pegawai tetapi tidak bisa mengambil data dari web tersebut, hanya di bagian biro kepegawaian saja yg bisa memasukkan atau mengambil data pegawai karena data tersebut bersifat rahasia dan hanya staf dari biro kepegawaian yang diperbolehkan untuk melakukannya

Kata Kunci: Prosedur, Kearsipan

Bidang ilmu
Administrasi Perkantoran

Bibliografi

Dewi, Chrisyanti, Irra. 2011. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Muhidin, Sambas, Ali, dan Hendri Winata. 2016. Manajemen Kearsipan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Prastyo, R. 2011. Prosedur Pengelolaan Arsip pada Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo. Diambil dari: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/19816/Prosedur-Pengelolaan-Arsip-pada-Bagian-Tata-Usaha-dan-Kepegawaian-Dinas-Pekerjaan-Umum-Kabupaten-Sukoharjo.

Priansa, Donni, Juni, dan Garnida, Agus. 2013. Manajemen Perkantoran. Bandung: CV Alfabeta.

Rahmawati. 2014. Manajemen Perkantoran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiarto, Agus, dan Teguh Wahyono. 2015. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: Penerbit Gava Media