Pelaksanaan Pembelian Sparepart Pada PT Dwirestu Rejekiguna Jakarta

research
  • 12 Nov
  • 2018

Pelaksanaan Pembelian Sparepart Pada PT Dwirestu Rejekiguna Jakarta

Pembelian pada saat ini adalah salah satu aktivitas yang penting dalam operasional suatu perusahaan karena pembelian merupakan suatu pengadaan barang yang dapat dipergunakan atau dijual kembali kepada pihak lain. Laporan ini menggunakan analisis deksriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelian sparepart ini PT Dwirestu Rejekiguna membeli sparepart dari supplier atas adanya pesanan dari customer. Pembelian atau pemesanan sparepart yang dilakukan perusahaan ini hanya berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari customer yang memerlukan. Sales, purchasing, supplier, forwarder, engineer, dan administration sangat berperan penting untuk kelancaran pelaksanaan pembelian sparepart. Kendala yang ada pada pelaksanaan pembelian sparepart ini yaitu adanya sparepart yang cacat atau rusak disaat pengecekan dan pengetesan, adanya keterlambatan pengiriman dari supplier, adanya keterlambatan pengiriman sparepart dari forwarder, keterlambatan proses pembuatan sparepart dari supplier, dan kesalahan pemesanan

Unduhan

 

REFERENSI

Ardana, Cenik dan Lukman Hendro.2016.Sistem Informasi Akuntansi.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Assauri, Sofjan.2008.Manajemen Produksi dan Operasi.Edisi Revisi.Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Handoko, T. Hani.2008.Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Irawati, Susan.2008.Akuntansi Dasar 1 & 2.Bandung: Pustaka.

Mulyadi.2008.Sistem Akuntansi.Jakarta: Salemba Empat.

Narandika, Aurelius wisnu dharma. 2016.Prosedur Penagihan Piutang Atas Penjualan Spare Part Pada PT. Astra International Tbk. – Honda Cabang Denpasar. http://erepo.unud.ac.id/8451/.06 Juni 2017.

Sujarweni, V. Wiratna.2015.Sistem Akuntansi.Yogyakarta: Pustaka Baru Press