Pada umumnya sebuah
perusahaan terlibat dalam penjualan barang dan jasa. Cara pembayaran barang dan
jasa tersebut yaitu dengan penjualan tunai dan juga sebagian besar secara
kredit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif sedangkan metode pengumpulan data dengan cara wawancara; dengan mengumpulkan dokumen perusahaan; mengumpulkan data-data melalui studi di perpustakaan, dari internet serta dari sumber
yang dipercaya. Prosedur penagihan piutang pada PT Tirta Amarta Jakarta sudah efektif dan efisien sehingga sangat membantu untuk meningkatkan serta mengembangkan perusahan
dalam mencapai tujuan yang diharapkan, namun hambatan yang sering dihadapi perusahaan seperti bagian
A/R (Account Receivable) menerima
pembayaran giro tolakan dari pelanggan; pelanggan sulit ditagih; invoice
pengiriman dari Bandung yang tidak dapat ditentukan jangka waktu
kedatangannya; pelanggan
tidak mencantumkan nama penyetor sehingga terjadi kesulitan saat memeriksa
pembayaran dalam rekening koran. Adapun saran yang diberikan untuk perusahaan berdasarkan
kesimpulan yang di dapat yaitu memberikan peringatan kepada pelanggan melalui
surat yang diberikan kepada sales ataupun kolektor; tidak akan memberikan atau
mengirimkan barang kepada pelanggan tersebut sampai dilakukannya pembayaran
atau pelunasan piutang; mengirimkan email kepada pihak Bandung guna
mengingatkan agar segera mengirimkan invoice yang akan ditagih
Baridwan, Zaki. 2009. Sistem Akuntansi: Penyusunan Prosedur dan Metode. Yogyakarta: Badan Pennerbitan Fakultas Ekonomi
Hery. 2015. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo
Laksmi, Fuad Gani dan Budiantoro. 2015. Manajemen Perkantoran Modern. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIE YPKPN
Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Wiyono, Gendro dan Hendri Kusuma. 2017. Manajemen Keuangan Lanjutan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Soemarso. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat