Pelaksanaan Pelayanan Penerbitan Sertifikat Kelayakan Pengolahan Pada Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta

research
  • 12 Nov
  • 2018

Pelaksanaan Pelayanan Penerbitan Sertifikat Kelayakan Pengolahan Pada Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta

Pelayanan menjadi faktor penting dalam sebuah organisasi, baik organisasi yang berorientasi profit maupun organisasi publik. Karena pelayanan merupakan aktivitas yang berhubungan dengan upaya pencapaian tujuan organisasi secara optimal. Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan tidak hanya sekedar memberikan bantuan terhadap kebutuhan pelanggan, tetapi pemberian pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan harapan pelanggan. Alasan penting mengenai diperlukanya pelayanan yang baik ialah agar terwujud pelayanan yang efektif, dan ekonomis sesuai dengan kepentingan masyarakat, pelayanan merupakan aktivitas yang memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan dari setiap organisasi. Tugas Akhir ini disusun untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan penerbitan sertifikat kelayakan pengolahan pada Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta. Laporan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sertifikat kelayakan pengolahan diperuntukan kepada unit pengolah ikan, dalam penerbitan sertifikat kelayakan pengolahan memerlukan enam persyaratan yang harus di penuhi oleh Unit Pengolah Ikan, terdapat delapan jenis usaha yang memiliki sertifikat kelayakan pengolahan. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penerbitan sertifikat kelayakan pengolahan adalah kurangnya pengetahuan unit pengolah ikan tentang pentingnya sertifikat kelayakan pengolahan untuk kegiatan usahanya dan Jarak dari lokasi unit pengolah ikan masih terbilang jauh bila ingin mengurus sertifikat kelayakan pengolahan

Unduhan

 

REFERENSI

Arnina. 2016. Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP. Depok: Huta Publisher

Budihardjo,   M. 2014. Panduan Praktis Menyususn SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses

Daryanto, dan Ismanto Setyobudi. 2008. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Hutasoit. 2012. Pelayanan Publik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Andi Magna Script Publishing

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implemetasinya. Bandung: Mandar Maju

Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Genesindo

Sailendra, Annie. 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat Standard Operating Procedures. Yogyakarta: Trans Idea Publishing

Sinambela, Lijan Poltak, Sigit Rochadi, Rusman Ghazali, Akhmad Muksin, Didit Setiabudi, Dohan Bima, Syaifudin. 2016. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta