Pelayanan menjadi faktor penting dalam sebuah
organisasi, baik organisasi yang berorientasi profit maupun organisasi publik.
Karena pelayanan merupakan aktivitas yang berhubungan dengan upaya pencapaian
tujuan organisasi secara optimal. Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan
tidak hanya sekedar memberikan bantuan terhadap kebutuhan pelanggan, tetapi
pemberian pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan harapan pelanggan. Alasan
penting mengenai diperlukanya pelayanan yang baik ialah agar terwujud pelayanan
yang efektif, dan ekonomis sesuai dengan kepentingan masyarakat, pelayanan
merupakan aktivitas yang memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan dari
setiap organisasi. Tugas Akhir ini disusun untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan pelayanan penerbitan sertifikat kelayakan pengolahan pada Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.
Laporan ini menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sertifikat kelayakan
pengolahan diperuntukan kepada unit pengolah ikan, dalam penerbitan sertifikat
kelayakan pengolahan memerlukan enam persyaratan yang harus di penuhi oleh Unit
Pengolah Ikan, terdapat delapan jenis usaha yang memiliki sertifikat kelayakan
pengolahan. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penerbitan sertifikat
kelayakan pengolahan adalah kurangnya pengetahuan unit pengolah ikan tentang
pentingnya sertifikat kelayakan pengolahan untuk kegiatan usahanya dan Jarak
dari lokasi unit pengolah ikan masih terbilang jauh bila ingin mengurus
sertifikat kelayakan pengolahan
Arnina. 2016. Langkah-Langkah Efektif Menyusun SOP. Depok: Huta Publisher
Budihardjo, M. 2014. Panduan Praktis Menyususn SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses
Daryanto, dan Ismanto Setyobudi. 2008. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Hutasoit. 2012. Pelayanan Publik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Andi Magna Script Publishing
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implemetasinya. Bandung: Mandar Maju
Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Genesindo
Sailendra, Annie. 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat Standard Operating Procedures. Yogyakarta: Trans Idea Publishing
Sinambela, Lijan Poltak, Sigit Rochadi, Rusman Ghazali, Akhmad Muksin, Didit Setiabudi, Dohan Bima, Syaifudin. 2016. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta