Pelayanan Prima Frontliner pada PT KAI Commuter Jabodetabek di Stasiun Klender Baru Jakarta

research
  • 09 Nov
  • 2018

Pelayanan Prima Frontliner pada PT KAI Commuter Jabodetabek di Stasiun Klender Baru Jakarta

Pelayanan prima akan menghasilkan kepuasan bagi para pelanggan atau konsumen. Untuk itu setiap perusahaan ataupun organisasi jasa berlomba-lomba memberikan pelayanannya yang terbaik untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan  serta mempertahankan pelanggan yang sudah lama. Tugas akhir ini meneliti tentang pelayanan prima petugas frontliner di PT KAI Commuter Jabodetabek di stasiun Klender Baru Jakarta Timur pada penelitian dilakukan melalui metode kualitatif yang dilakukan pada bulan Januari-Februari 2017. Petugas frontliner yaitu orang yang berhadapan langsung dengan penumpang. Petugas frontliner yang menjadi pelayanan utama di PT KCJ di Stasiun Klender Baru terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu: Petugas Loket, Announcer, Passager Service dan Petugas Keamanan Dalam (PKD). Hasil penelitian menunjukan PT KCJ sudah memeliki prosedur pelayanan yang baik, namun dalam pelayanan masih terdapat kendala yaitu gangguan perjalanan kereta, antrian pada loket dan kurangnya kursi untuk menunggu kereta. Saran untuk PT KCJ agar menambahkan perjalanan kereta dan menambah fasilitas berupa kursi dan mesin gate-in gate-out

Unduhan

 

REFERENSI

Ariani, D. Wahyuni. 2009. Manajemen Operasional Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Bachtiar, Saiful. 2007. Cara Gampang Jadi Penyiar Radio. Yogyakarta: Indonesia Cerdas

Bienz, Nicholas. 2008. Electronic Ticketing-Electronic Bussiness Course. Fribourg: Project Paper

Dawami, M. Iqbal. 2007. Pelayanan yang Memuaskan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Duniapelajar.com. 2014. Pengertian Frontliner. Diambil dari:                   http://www.duniapelajar.com/2014/06/13/pengertian-frontliner (10 Juni 2017)

Kasmir, 2014. Dasar–Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Maddy, Khairul. 2009. Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima. Jakarta: Chama Digit

Majid, S.A. 2009. Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers

Rahmayanty, Nina. 2014. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Romli, Asep S.M. 2009. Jurnalistik Prakstis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Soedjas, Triwibowo. 2014. Layanan Wow Untuk Pelanggan. Yogyakarta: Media Presindo

Tarwoto & Wartonah. 2010. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Yulia, Winda. 2010. Andai Aku Jadi Penyiar. Yogyakarta: Andi