Pelayanan prima akan
menghasilkan kepuasan bagi para pelanggan atau konsumen. Untuk itu setiap
perusahaan ataupun organisasi jasa berlomba-lomba memberikan pelayanannya yang
terbaik untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan serta mempertahankan pelanggan yang sudah
lama. Tugas akhir ini meneliti tentang pelayanan prima petugas frontliner di PT KAI Commuter Jabodetabek di stasiun Klender
Baru Jakarta Timur pada penelitian
dilakukan melalui metode kualitatif
yang dilakukan pada bulan Januari-Februari 2017. Petugas frontliner yaitu orang yang berhadapan langsung dengan penumpang.
Petugas frontliner yang menjadi
pelayanan utama di PT KCJ di Stasiun Klender Baru terbagi menjadi beberapa
bagian diantaranya yaitu: Petugas Loket, Announcer,
Passager Service dan Petugas Keamanan Dalam (PKD). Hasil penelitian
menunjukan PT KCJ sudah memeliki prosedur pelayanan yang baik, namun dalam
pelayanan masih terdapat kendala yaitu gangguan perjalanan kereta, antrian pada
loket dan kurangnya kursi untuk menunggu kereta. Saran untuk PT KCJ agar
menambahkan perjalanan kereta dan menambah fasilitas berupa kursi dan mesin gate-in gate-out
Ariani, D. Wahyuni. 2009. Manajemen Operasional Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu
Bachtiar, Saiful. 2007. Cara Gampang Jadi Penyiar Radio. Yogyakarta: Indonesia Cerdas
Bienz, Nicholas. 2008. Electronic Ticketing-Electronic Bussiness Course. Fribourg: Project Paper
Dawami, M. Iqbal. 2007. Pelayanan yang Memuaskan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Duniapelajar.com. 2014. Pengertian Frontliner. Diambil dari: http://www.duniapelajar.com/2014/06/13/pengertian-frontliner (10 Juni 2017)
Kasmir, 2014. Dasar–Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Maddy, Khairul. 2009. Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima. Jakarta: Chama Digit
Majid, S.A. 2009. Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers
Rahmayanty, Nina. 2014. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
Romli, Asep S.M. 2009. Jurnalistik Prakstis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Soedjas, Triwibowo. 2014. Layanan Wow Untuk Pelanggan. Yogyakarta: Media Presindo
Tarwoto & Wartonah. 2010. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Yulia, Winda. 2010. Andai Aku Jadi Penyiar. Yogyakarta: Andi