Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES

research
  • 04 Oct
  • 2018

Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES

Untuk mengetahui apakah sistem informasi DJP online berjalan sebagaimana mestinya, maka diperlukan proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi tersebut. Evaluasi sistem informasi dapat dilakukan dengan cara yang berbeda dan pada tingkatan yang berbeda, tergantung pada tujuan evaluasinya. Dalam melakukan kegiatan analisis dan evaluasi sistem informasi terdapat beberapa metode atau model analisis yang dapat digunakan salah satunya adalah model analisis PIECES Framework. Untuk mempermudah evaluasi, ditawarkan cara analisis dengan kerangka PIECES yang menguraikan ke dalam 6 fokus analisis kelemahan yaitu Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Eficiency dan Service. Tujuan penelitan ini untuk mengukur tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan, mengetahui kekuatan dan kelemahan dan menganalisis komponen komponen apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya yang terdapat pada sistem informasi DJP online. Adapun data primer yang didapatkan berasal dari penyebaran kuesioner kepada 40 orang pengguna sistem informasi DJP online untuk mendapatkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengukuran rata-rata tingkat kepuasan berada pada 3.90 yang berarti sistem informasi DJP online sudah memberikan kepuasan kepada pengguna, sedangkan rata-rata tingkat kepentingan berada pada 4.04 yang berarti penerapan sistem informasi DJP online dianggap penting untuk memudahkan wajib pajak dalam melaporkan SPT.

Unduhan

  • Jurnal Khazanah Informatika Desember 2017.pdf

    Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES

    •   diunduh 401x | Ukuran 226 KB

 

REFERENSI

Tullah, Rahmat dan Muhammad Iqbal Hanafri. 2014. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces. ISSN: 2088-1762. Jakarta: Jurnal Ilmiah Kursor Vol 1/Maret 2014: 22-28.

Susetyo, Agustinus Eko. Kusumawan Herliansyah. 2014. Analisis Tingkat Kepentingan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Mobil Kategori LCGC. Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST). 253-258.

Rahimi, Mohammad. Armand Baboli. Yacine Rekik. 2014. A bi-objective inventory routing problem by considering customer satisfaction level in context of perishable product. IEEE Symposium on Computational Intelligence in Production and Logistics Systems (CIPLS). 91-97.

Abu, Zurah binti. Fadilah Ezlina binti Shahbudin. Etc. 2015. Improving user Complaint Management System and Satisfaction Level Via Reader-Friendly Linguistic Features. International Symposium on Mathematical Sciences and Computing Research (iSMSC). 269-273.

Cherapanukorn, Vimolboon. Phasit Charoenkwan. 2017. Word Cloud of Online Hotel Reviews in Chiang Mai for Customer Satisfaction Analysis. International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT) 2017. 146-151.

Chen, Hsiao-Ching. Hui-Ming Wee. Yung-Tsan Jou. Yao-Hung Hsieh. 2007. Analyzing Customer Satisfaction and Service level using AI technique. IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management. 1674 – 1678.

Tong, Lili. Xiaoge Hou dan Xiaowen Li. 2016. Empirical Study on Customer Satisfaction Influencing Factors of Industry Application Products Based on Experiential Level Theory. IEEE Journals & Magazines Vol. 13,Issues: 11, 2016: 260-268.

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.