ABSTRAK
Andika Kurniawan (11170246), Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Kompetensi Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta uji kompetensi sehingga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Data yang dgunakan adalah data sekunder dari hasil kuisioner terhadap peserta uji kompetensi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 24.00 dengan signifikan sebesar0,05 (5%) dan menggunakan model statistik regresi linear sederhana, korelasi, dan determinasi (R2). Berdasarkan analisis, hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan peserta uji kompetensi pada Lembaga Sertifikasi Profesi Perkoperasian Indonesia Jakarta terdapat hubungan kuat positif. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dari nilai Korelasi = r = 0,720 ( mendekati 1 hubungan x terhadap Y kuat positif). Dari hasil penelitian, dapat dihasilkan Determinasi ( R square = 0,519 jadi pengaruh X terhadap Y sebesar 51,9 % ). Artinya sekitar 51,9 % perubahan terhadap kepuasan peserta terjadi karena peningkatan kualitas pelayanan sedangkan 48,1 % dijelaskan oleh variabel lain diluar kalimat judul yang digunakan dalam penelitian.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta Uji kompetensi
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)_BAB II.pdf
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)_Lembar Pengesahan.pdf
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)_Bab IV.pdf
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)_BAB V.pdf
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)_BAB I.pdf
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Uji Di LSP PI (Perkoperasian Indonesia)_BAB III.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Emmywati. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Dukun Gresik. Skripsi. Universitas Islam Lamongan
Tjiptono, Chandra. 2012. Pemasaran Strategig. Edisi 2. ( yogyakarta : Andi 2012 )
Tjiptono, Chandra. 2012. Metode Penelitian. ( yogyakarta : Andi 2012 ) hal.75
Tjiptono, Chandra. 2012. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. ( yogyakarta : Andi 2012 )
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis ( Edisi Revisi VI ). Jakarta : Renika Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Ridwan. 2003. Dasar-dasar Statistik. Bandung : Alfabeta.
Gujarati, Damodar. 2007. ReliabilitasdanValiditas. EdisiKetiga. Yogyakarta :PustakaPelajar