Perancangan Program Administrasi Pada Klinik Anugrah Sehat Ciasem Subang

research
  • 21 Sep
  • 2018

Perancangan Program Administrasi Pada Klinik Anugrah Sehat Ciasem Subang


ABSTRAK


 


Diah Raka Siwi (11140685), Perancangan Program Administrasi Pada Klinik Anugrah Sehat Ciasem Subang


                                                          


Keterlambatan dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan akan menyebabkan tidak relavan bagi penggunanya. Banyak orang yang telah beralih kepada sistem komputerisasi, dalam bidang kesehatan sistem informasi digunakan untuk mempermudah pengolahan data. Sebagai klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, klinik Anugrah Sehat membutuhkan adanya suatu sistem informasi yang dapat menunjang dalam proses pengolahan data administrasi pasien. Untuk itulah penulis mencoba membuat tugas akhir mengenai sistem administrasi pada klinik anugrah sehat yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Proses administrasi yang ada di klinik anugrah sehat masih dilakukan secara manual, dari proses pencatatan data-data pasien, pencatatan  data  yang berhubungan dengan proses administrasi, serta pembuatan laporan sehingga pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, perhitungan pembayaran, kurang akuratnya laporan dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Perancangan program ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada klinik Anugrah Sehat, serta dengan adanya sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual akan membuat kinerja staff menjadi lebih efektif dan efisien serta sistem administrasi yang seakarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.


Unduhan

 

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


A.S. Rosa dan M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Pemograman Berorientasi Objek. Bandung:Modula.


 


Budiman, Agustiar. 2012. Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black Box Pada Proses Pra Registrasi User Via Website. Diambil dari : https://widuri.raharja.info/index.php/SI1111465579. (27 Mei 2017)


 


Hasugian, Humisar dan Ahmad Nur Shidiq. 2012. Rancanng Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. Diambil dari : http//eprints.dinus.ac.id/id/eprint/202. (14 Mei 2017)


 


Ismainar, Hetty. 2013. Administrasi Kesehatan Masyarakat bagi Perekam Media dan Informatika Kesehatan. Yogyakarta: Budi Utama.


 


Kartini, Budi Utami dan Dewi Pratiwi. 2013. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Konser Musik Online Berbasis Lokasi. Diambil dari : http://ojs.amikom.ac.id. (27 Mei 2017)


 


Lubis, Adyanata. 2016. Basis Data Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.


 


Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi Offset.  


 


Nofriadi. 2015. Java Fundamental dengan Netbeans 8.02. Yogyakarta: Budi Utama.


 


Sitorus, Lamhot. 2015. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi Offset.


 


Solichin, Achmad. 2016. Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. Diambil dari : http://achmatim.net. ( 27 Mei 2017 )


 


Utomo, Eko Priyo. 2009. Panduan Mudah Mengenal Bahasa JAVA. Bandung: Yrama Widya.


 


Widodo, Prabowo Pudjo dan Herlawati. 2011. Menggunakan UML- UML Secara Luas Digunakan untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.


 


Wanaha komputer. 2010. Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Mediakita .


 


Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Budi Utama.